Tuesday, September 25, 2012

KOMPUTER TIDAK LANGSUNG KE WINDOWS

berikut ini saya jelaskan penyebab komputer tidak langsung masuk ke windows tetapi justru diminta untuk melakukan setup BIOS.

Basic Input Output System (BIOS) merupakan lokasi penyimpanan program dasar termasuk settingan tanggal dan jam. Penyimpanan tanggal dan jam serta settingan dasar perangkat komputer ini disimpan dengan membutuhkan daya berupa battery, sehingga apabila battery BIOS mengalami masalah (low battery) maka semua settingan awal pada BIOS akan kembali ke settingan pabrik sehingga tanggal dan jam juga ikut berubah ke tanggal pabrik, dengan demikian setiap kali kita menghidupkan komputer, selalu muncul pesan Press DEL to Setup... Ini dengan maksud agar kita harus mengubah settingan tanggal dan jam sesuai dengan tanggal dan jam saat itu.

Solusi Mengatasi Komputer Tidak Langsung Masuk Windows

Untuk mengatasi masalah komputer tidak langsung masuk windows ini, kita sebaiknya mengganti battery BIOS dengan battery yang baru, kemudian setting ulang BIOS. Bagi yang belum tahu cara setting BIOS, silahkan baca artikel Cara Setting BIOS terlebih dahulu setelah mengganti battery.

Tidak semua masalah komputer tidak langsung masuk ke windows adalah kesalahan battery, memang sebagian besar diakibatkan karena battery tidak dapat menyimpan settingan, namun pada beberapa persoalan tidak disebabkan oleh battery tapi justru kerusakan pada motherboard. Apabila setelah mengganti battery kemudian setting BIOS namun pesan Press DEL to Setup... masih muncul, silahkan hubungi teknisi yang sudah berpengalaman untuk memperbaiki komputer anda.

Demikian cara mengatasi komputer tidak bisa masuk windows.

No comments:

Post a Comment