Tuesday, September 18, 2012

CARA MEMUNCULKAN HIDDEN FILE WINDOWS

Cara Memunculkan Hidden File dengan Smadav 8.2:
kebetulan saya dapatkan tadi siang, sewaktu ada rekan sekerja yang meminta tolong untuk mencek flashdisknya yang tiba-tiba penuh dengan icon shortcut. Munculnya icon shortcut dalam flashdisknya disadari setelah ia menggunakan komputer di salah satu ruang pertemuan di tempat kerja kami.

Setelah flashdisk dicolokkan ke kompi meja kerja saya, tampaklah beragam shortcut di dalamnya. Shortcut menunjukkan ke nama-nama folder yang tadinya ada di dalam flashdisk. Namun anehnya, folder asli tidak tampak satupun di dalamnya.





Saya coba men-scan flashdisk menggunakan Kaspersky Antivirus, tidak nampak terdeteksi virus satupun. Kesimpulan saya, jika salah satu shortcut tadi saya klik, niscaya komputer saya akan terinfeksi virus yang sama. Saya coba antivirus Smadav 8.2, ternyata juga lewat. Shortcut-shortcut tadi tidak satupun yang dideteksi sebagai virus.


Akhirnya, saya ambil langkah manual. Yaitu dengan memunculkan hidden file melalui fasilitas di windows explorer.


Caranya (saya singkat) sebagai berikut: Explorer > Tools > Folder Options > tab View > klik radio button Show hidden files and folders. Abracadabra!! Folder-folder yang di-hidden tadi, bermunculan bak cendawan di musim hujan! Setelah itu, saya coba memunculkan folder hidden tadi dengan cara manual. Yaitu dengan mengklik kanan folder > properties > tab General > Attributes > hilangkan cek pada Hidden. Namun anehnya, tombol Hidden (dengan posisi diberi tanda cek) dalam kondisi dinonaktifkan. Alhasil, cara manual tidak berhasil dilakukan.


Iseng-iseng Smadav Antivirus 8.2 dicoba lagi untuk men-scan flashdisk tadi. Nah, pada proses inilah akhirnya saya menemukan cara praktis memunculkan hidden file dengan Smadav 8.2. Silahkan cek gambar berikut:


Memunculkan Hidden Files dengan Fitur Smadav 8.2

Setelah dilakukan proses scanning kembali, memang tidak ditemukan indikasi adanya virus dalam flashdisk. Akan tetapi, pada tab Hidden terdapat keterangan beberapa file (atau folder) yang dihidden. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan:
1. Klik tab Hidden (angka 1)
2. Pada (angka 2), terdapat barisan file (atau folder) yang dalam settingan hidden (disembunyikan)
3. Selanjutnya, klik tombol Unhide All (angka 3)

Alhamdulillah, dengan langkah di atas, folder yang tadinya tidak bisa dimunculkan, dapat dikembalikan ke setting semula. Langkah terakhir, secara manual dilakukan penghapusan terhadap icon-icon shortcut yang ada di flashdisk tadi.


Demikian pengalaman yang saya dapatkan hari ini, yaitu memunculkan hidden file dengan Smadav 8.2. Mungkin rekan-rekan juga pernah mengalami hal yang saya? Mari berbagi di postingan ini. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment