Sering kali kita membutuhkan beberapa tabel dengan format kolom yang sama, namun
kita tidak tau bagaimana caranya sehingga mempermudah kita untuk membuat
dua buah tabel atau lebih sekaligus di dalam microsoft excel.
Misalkan
saja kita ingin membuat tabel karyawan yang dibedakan berdasarkan unit
kerja dari karyawan tersebut misalnya di sheet1 tabel untuk Sales,
sheet2 untuk administrasi. Tentu kedua tabel ini membutuhkan format
kolom tabel yang sama, misalnya di kolom 1 untuk nomor urut, kolom 2
untuk nama karyawan, kolom 3 untuk alamat karyawan dan kolom 4 untuk
kota.
Nah sekarang bagaimana caranya ? ikuti langka berikut ini
buka/open
microsoft excel, dan perhatikan pada bagian bawah lembar kerja (sheet)
excel ada beberapa nama sheet yang tertera disitu.
Setelah workbook
excel sudah terbuka, maka pada keadaan default sheet1 adalah sheet yang
aktif sedangkan sheet yang lain tidak aktif, jadi perlu diaktifkan
sehingga apa yang akan di kerjaan di sheet 1 akan terekam juga di sheet
lain yang sudah kita aktifkan.
cara mengaktifkan, dalam contoh ini
kita mengaktifkan sheet2 (membuat group sheet1 dan sheet2). Tekan dan
tahan tombol CTRL pada keyboard, kemudian arahkan penunjuk mouse pada
sheet2 dan klik satu kali, perhatikan baris judul/bagian paling atas
workgroup muncul informasi [Group] yang berarti kita telah membuat dan
akan bekerja pada goup baru yaitu sheet1 dan sheet2.
Setelah
sheet2 aktif, sekarang anda sudah siap untuk membuat, mengetik apa
saja, mengubah lebar kolom dan lebar baris di sheet1 dan dengan otomatis
semuanya akan terekam di sheet2.
Sebagai contoh buatkan sebuah tabel seperti berikut, atur lebar kolom dan baris sesuaikan dengan kebutuhan.
Setelah
selesai membuat tabel, sekarang giliran kita untuk membuktikan apakah
apa yang telah kita buat di sheet1 sudah tersimpan di sheet2 ?
caranya, klik satu kali pada sheet2 maka akan terlihat tabel yang sama persis dengan tabel di sheet1.
Untuk
me-nonaktifkan kembali sheet2, tekan tombol CTRL dan tahan lalu arahkan
penunjuk mouse ke sheet2 dan klik satu kali. Perhatikan pesan [Group]
pada judul workgroup akan hilang.
Coba lakukan kembali dengan 3 atau 4 sheet sekalilgus.
Untuk
bekerja dengan group, di sheet manapun anda bekerja maka di sheet-sheet
lain yang aktif akan ikut terekam sama seperti apa yang kita kerjakan
di salah satu sheet.
Selamat berkreasi
No comments:
Post a Comment